Lomba Blogfam HUT Kemerdekaan RI ke 61

Saturday, August 13, 2011

Apa itu Penyakit Addison?


Kelenjar adrenal merupakan organ tubuh yang terletak diatas ginjal.
Lapisan luar kelenjar ini membuat hormon-hormon yang membantu tubuh merespon stres dan mengatur tekanan darah serta keseimbangan air dan garam.
Penyakit Addison terjadi ketika kelenjar adrenal tidak menghasilkan cukup hormon kortisol dan, dalam beberapa kasus, hormon aldosteron. Penyakit ini juga disebut kekurangan adrenal, atau hypocortisolism.

Penyakit Addison ditandai dengan penurunan berat badan, kelemahan otot, kelelahan, tekanan darah rendah, dan kadang-kadang dibarengi dengan kulit yang berubah lebih gelap.
Nama penyakit ini diambil dari nama dokter Inggris Thomas Addison (1793-1860). Ketika Addison pertama kali diidentifikasi pada tahun 1849, tuberkulosis (TB) bertanggung jawab atas 70-90% kasus.
Penyakit Addison dapat diidentifikasi melalui tes laboratorium. Penyakit Addison yang tidak segera diobati bisa berakibat fatal. Penderita harus mengkonsumsi pil hormon seumur hidup.
Penderita Addison dianjurkan membawa semacam kartu identitas darurat. Kartu ini harus berisi daftar obat-obatan yang dibutuhkan dalam keadaan darurat.[]
What is Addisons Disease 150x150 Apa itu Penyakit Addison?

No comments:

Post a Comment