Lomba Blogfam HUT Kemerdekaan RI ke 61

Tuesday, August 16, 2011

Rangka Manusia”

Suatu kebesaran Tuhan sebagai Maha Pencipta sehingga manusia mempunyai rangka yang terdiri dari berbagai jenis

tulang yang bentuknya bermacam-macam. Tulang ada yang berbentuk pipih, pendek, dan panjang.
A. Struktur Rangka Manusia


Gambar 1.1 Rangka manusia
Rangka manusia terbagi atas tiga bagian, yaitu rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak. Apakah bentuk tulangnya sama? Coba bandingkan bentuk rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak. Apa fungsi masing-masing?
1. Rangka Kepala
Rangka kepala dikenal dengan nama tengkorak. Amati Gambar 1.2. Rangka tulang kepala berbentuk bulat, disusun oleh tulang-tulang yang berbentuk pipih. Tulang-tulang ini bersatu membentuk sendi, tetapi tidak dapat digerakkan. Tulangnya keras, gunanya untuk melindungi otak. Otak merupakan bagian tubuh manusia yang amat penting dan sangat lunak.
2. Rangka Badan
Gambar 1.3 Rangka badan
Rangka badan disusun oleh berbagai macam tulang, yaitu sebagai berikut.
a. Ruas-ruas tulang belakang. Sambungan antartulang ini dapat digerakkan. Coba gerakkan tubuhmu ke depan atau membungkuk ke depan, atau gerakkan tubuhmu ke pinggir. Kamu dapat membungkukkan tubuhmu karena adanya tulang-tulang belakang.
b. Tulang dada. Sambungan tulang-tulang ini tidak dapat digerakkan.
c. Tulang-tulang rusuk. Sambungan tulang-tulang ini dapat digerakkan. Tulang rangka badan ada yang berbentuk pipih, misalnya pada tulang rusuk dan belikat. Ada juga yang bentuknya pendek, misalnya pada ruas-ruas tulang belakang. Rangka badan membentuk rongga dada sehingga berfungsi untuk melindungi paru-paru, jantung, hati, dan lambung.
3. Rangka Anggota Gerak
Rangka anggota gerak pada manusia terdiri atas rangka tangan dan rangka kaki. Coba perhatikan Gambar 1.4 berikut ini.
Gambar 1.4 Rangka anggota gerak
Bentuk rangka tangan dan rangka kaki yang memanjang disusun oleh tulang-tulang yang berbentuk pipa dan keras. Masing-masing tulang dihubungkan dengan sendi sehingga dapat bergerak. Gerakan pada tangan dan kaki berbeda-beda.
Coba gerakkan lenganmu! Kamu dapat memutarkan lengan ke segala arah.
Sendi yang membantu gerakan ini disebut sendi peluru. Coba gerakkan kakimu, apakah kamu dapat memutarkan kakimu? Coba gerakkan lengan bagian siku dan kaki bagian lutut. Apakah dapat
diputar? Kaki dan tanganmu dapat ditekuk.
Gerakan menekuk dapat dilakukan karena pada siku dan lutut terdapat sendi engsel. Coba kamu tekuk kakimu, apakah sendinya sama dengan sendi pada lenganmu?
Setelah mengenal masing-masing struktur rangka kepala, badan, dan anggota gerak. Apa guna rangka tubuh? Coba amati apa yang menempel pada tulang tubuhmu? Rangka tubuh manusia berguna untuk:
a. menentukan bentuk tubuh;
b. menegakkan tubuh;
c. melekatnya otot atau daging;
d. melindungi bagian-bagian tubuh yang penting dan lunak.
B. Perawatan Rangka Dalam Kehidupan Sehari-hari
Badan kita bisa dibungkukkan dan bisa diluruskan karena tulang kita dihubungkan oleh sendi-sendi. Tubuh yang tegap dan kuat akan tampak gagah. Kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat memengaruhi struktur rangka tubuhmu. Cara duduk yang terus-menerus
membungkuk mengakibatkan tulang
belakang melengkung. Peragakan olehmu
cara duduk yang benar.
Bagaimana cara berdiri yang benar?
Berdiri tegap dengan dada sedikit
dibusungkan ke depan, tetapi jika berdiri
dengan cara membungkuk, dadanya tidak
tegap. Mengapa dada harus tegap?
Selain cara duduk dan cara berdiri
harus benar, kita juga harus memerhatikan
kebiasaan cara tidur.

No comments:

Post a Comment